ORGANISASI
A. PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi dibutuhkan oleh setiap manusia yang memiliki kepentingan dan
juga tujuan yang sama, sebagai tempat atau badan dimana mereka saling berusaha
untuk mewujudkan tujuan tersebut. Hal tersebut yang menjadi sebab adanya tujuan
dari diadakannya sebuah organisasi yang kemudian bisa dikembangkan menjadi struktur organisasi.
Menurut beberapa ahli tentang
pengertian dari apa itu Organisasi adalah sebagai berikut :
J.William Schulze memberikan pendapat,
“organisasi adalah suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat
perlengkapan,ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang
disatukan dalam sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai
segala tujuan yang diinginkan.”
Stephen P.Robbins mengatakan bahwa “Organisasi
ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan
yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan
terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.”
Menurut saya pribadi tentang
organisasi adalah suatu kumpulan atau komunitas yang saling terikat satu sama
lain yang dimana didalamnya terdapat
sebuah struktur yang jelas seperti adanya Ketua,Wakil,Bendahara,Seketaris,dan
Anggota untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin atau akan dicapai.
B. TEORI ORGANISASI
Menurut saya bila kita
berbicara tentang sebuah teori organisasi sebenarnya itu tidak pernah
ada.Karena, organisasi itu tidak dapat dipelajari secara teoritis melainkan
organisasi itu dapat kita pahami dengan terlibat secara langsung dengan suatu
organisasi itu sendiri.
Karena Organisasi itu adalah
cara bagaimana kita mampu beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan mampu
menghargai pendapat satu sama lain.
c.CIRI – CIRI ORGANISASI
1.Formalitas, merupakan ciri organisasi
sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada
peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan,
strategi, dan seterusnya.
2.Hierarkhi, merupakan ciri organisasi
yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk
piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan
kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada
organisasi tersebut.
3.Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial
memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak
langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
4.Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu
organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.
5. Memiliki tujuan yang jelas untuk
didirikan suatu organisasi yang diman memiliki bertujuan yang baik dan lebih
mengarah kea rah positif dan cenderung membangun. Bila suatu organisasi
memiliki tujuan negative maka dapat dinyatakan dengan tegas kalo itu bukanlah
sebuah organisasi melainkan teroris.
6. Terdiri dari lebih 2 orang yang ikut
bergabung dalam organisasi tersebut serta diakui oleh pihak lain tentang
organisasi tersebut.
D.
UNSUR – UNSUR
ORGANISASI
Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau
ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel
Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu
akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan
bersama.
Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai.
Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan.
Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment
yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang
modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya,
ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting),
dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa
tujuan tertentu,
Saling Percaya
Dalam sebuah organisasi kita harus
mempunyai sifat saling percayai anatara satu sama lainnya guna kenyaman di
dalam organisasi.
Terbuka
Menyambung point saling percaya, bahwa
didalam organisasi juga harus saling terbuka satu sama lain guna mendapatkan
hasil yang maksimal.
E.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari Organisasi adalah
bahwa sebenarnya organisasi adalah wadah atau tempat dimana aspirasi dituangkan
dengan jalan yang baik dan benar. Di dalam organisasi tidak ada yang istilahnya
teori organisasi karena itu adalah cara bagaimana kita berinteraksi anatara
satu manusia dengan manusia lainnya.
Organisasi juga mempunyai cirri-ciri
dan unsure-unsur tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita dapat meciptakan
organisasi yang produktif untuk masyarakat sekitar dan anggota organisasi itu
sendiri.
F. SUMBER REFRENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar