Kamis, 02 Oktober 2014

MANAJEMEN, TATA KERJA, DAN ORGANISASI

HUBUNGAN MANAJEMEN,TATA KERJA,DAN ORGANISASI

A. PENGERTIAN MANAJEMEN
     
     Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan,pengorganisasian,penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
       
      R. Terry,Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
      
  Menurut saya pribadi manajemen juga dapat diartikan dengan sebuah perkerjaan yang dimana pekerjaan tersebut dilakukan oleh seseorang atau kelompok tertentu didalam suatu bidang.

B.PENGERTIAN TATA KERJA
      
      Tata Kerja adalah cara dimana yang bertujuan untuk mencapai tingkat efesien dan maksimal dengan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
            
      Menurut saya Tata Kerja adalah merupakan sejenis suatu system yang tersturktur dengan rapih dan baik serta sempurna untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan sesuai seperti apa yang diinginnkan oleh perancang atau kelompok yang bersangkutan. Yang dimana artinya bahwa tata kerja juga dapat diartikan aturan,langkah-langkah,atau proses dalam melakukan sesuatu.

   C.PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi dibutuhkan oleh setiap manusia yang memiliki kepentingan dan juga tujuan yang sama, sebagai tempat atau badan dimana mereka saling berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Hal tersebut yang menjadi sebab adanya tujuan dari diadakannya sebuah organisasi yang kemudian bisa dikembangkan menjadi struktur organisasi.
           
    Menurut beberapa ahli tentang pengertian dari apa itu Organisasi adalah sebagai berikut :

J.William Schulze memberikan pendapat, “organisasi adalah suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat perlengkapan,ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang disatukan dalam sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan.”

Stephen P.Robbins mengatakan bahwa “Organisasi ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.”

Menurut saya pribadi tentang organisasi adalah suatu kumpulan atau komunitas yang saling terikat satu sama lain yang dimana  didalamnya terdapat sebuah struktur yang jelas seperti adanya Ketua,Wakil,Bendahara,Seketaris,dan Anggota untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin atau akan dicapai.

D. MANAJEMEN DAN ORGANISASI
         
      Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan yang erat, untuk mencapai suatu tujuan maka dibutuhkan kerja team, ibaratkan di suatu perusahaan seorang manajer membagikan tugas kepada anggota team nya yang terdiri dari 10 orang, 2 orang pertama mempunyai tugas menulis, 2 orang berikutnya mempunyai tugas mengedit, 2 orang selanjutnya mempunyai tugas memposting dan begitu selanjutnya, hingga menjadikan kerja sama team yang solid antara manajer dan organisasi.
        
    Menurut saya pribadi, saya menganalogikannya dengan sebuah hal yang dimana sudah sering terlihat ataupun terjadi. Yaitu kehidupan di dalam kelas yang dimana disana ada organisasi yang disebut organisasi kelas dan manajemen kelas.
         
   Ketua Kelas,Wakil,Bendahara,Seketaris adalah sebagai pelaku organisasi dan kelas sebagai nama organisasinya. Dimana Ketua kelas bertugas sebagai penaggung jawab untuk kelas tersebut dan mengawasi serta membagi tugas dengan bawahannya yang dimana ini kita sebut system manajemen.

F. MANAJEMEN DAN TATA KERJA
           
      Pemikiran saya tentang ini adalah untuk mencapai sebuah hasil yang optimal didalam suatu organisasi atau dalam hal apapun. Kita harus mempunyai system manajemen yang baik dan professional karena itu berpengaruh pada hasil yang akan kita dapatkan nanti. Tapi, kita juga tidak dapat berpusat pada itu saja bahwa tidak bias dipisahkan yaitu system tata kerja nya pun harus jelas. Agar pelaku yang mengerjakannya tidak tersendat karena sebuah hal yang kurang dipahami. Tata kerja yang terstruktur akan menghasilkan output yang baik dan sangat memuaskan.

G.MANAJEMEN, TATA KERJA, DAN ORGANISASI

a) Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.

b) Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.

c) Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

H. KESIMPULAN

            Kesimpulannya adalah bahwa Manajemen, Tata Kerja, dan Organisasi adalah suatu satu kesatuan yang saling berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Dimana tidak dapat dipisahkan, karena kenapa? Sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada  manajemen yang baik dan manajemen yang baik tidak aka nada apabila tidak mempunyai tata kerja yang baik pula.

Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar