Kamis, 02 Oktober 2014

CIRI - CIRI DAN UNSUR - UNSUR ORGANISASI

ORGANISASI

A. PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi dibutuhkan oleh setiap manusia yang memiliki kepentingan dan juga tujuan yang sama, sebagai tempat atau badan dimana mereka saling berusaha untuk mewujudkan tujuan tersebut. Hal tersebut yang menjadi sebab adanya tujuan dari diadakannya sebuah organisasi yang kemudian bisa dikembangkan menjadi struktur organisasi.
           
   Menurut beberapa ahli tentang pengertian dari apa itu Organisasi adalah sebagai berikut :

J.William Schulze memberikan pendapat, “organisasi adalah suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat perlengkapan,ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang disatukan dalam sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan.”

Stephen P.Robbins mengatakan bahwa “Organisasi ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.”

Menurut saya pribadi tentang organisasi adalah suatu kumpulan atau komunitas yang saling terikat satu sama lain yang dimana  didalamnya terdapat sebuah struktur yang jelas seperti adanya Ketua,Wakil,Bendahara,Seketaris,dan Anggota untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin atau akan dicapai.

B. TEORI ORGANISASI

Menurut saya bila kita berbicara tentang sebuah teori organisasi sebenarnya itu tidak pernah ada.Karena, organisasi itu tidak dapat dipelajari secara teoritis melainkan organisasi itu dapat kita pahami dengan terlibat secara langsung dengan suatu organisasi itu sendiri.

Karena Organisasi itu adalah cara bagaimana kita mampu beradaptasi dengan lingkungan masyarakat dan mampu menghargai pendapat satu sama lain.
c.CIRI – CIRI ORGANISASI

1.Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.

2.Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  
  3.Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.

4.Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

5. Memiliki tujuan yang jelas untuk didirikan suatu organisasi yang diman memiliki bertujuan yang baik dan lebih mengarah kea rah positif dan cenderung membangun. Bila suatu organisasi memiliki tujuan negative maka dapat dinyatakan dengan tegas kalo itu bukanlah sebuah organisasi melainkan teroris.

6. Terdiri dari lebih 2 orang yang ikut bergabung dalam organisasi tersebut serta diakui oleh pihak lain tentang organisasi tersebut.

D. UNSUR – UNSUR ORGANISASI

Man

Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel

Kerjasama

Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan Bersama

Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan.

Peralatan (Equipment)

Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

Lingkungan (Environment)

Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,

Saling Percaya

            Dalam sebuah organisasi kita harus mempunyai sifat saling percayai anatara satu sama lainnya guna kenyaman di dalam organisasi.

Terbuka

            Menyambung point saling percaya, bahwa didalam organisasi juga harus saling terbuka satu sama lain guna mendapatkan hasil yang maksimal.

E. KESIMPULAN

            Kesimpulan dari Organisasi adalah bahwa sebenarnya organisasi adalah wadah atau tempat dimana aspirasi dituangkan dengan jalan yang baik dan benar. Di dalam organisasi tidak ada yang istilahnya teori organisasi karena itu adalah cara bagaimana kita berinteraksi anatara satu manusia dengan manusia lainnya.

            Organisasi juga mempunyai cirri-ciri dan unsure-unsur tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita dapat meciptakan organisasi yang produktif untuk masyarakat sekitar dan anggota organisasi itu sendiri.

F. SUMBER REFRENSI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar