Sabtu, 24 Mei 2014

Perubahan Ke Budayaan dari Masa Lalu, Mas Kini, dan Masa Depan



Perubahan budaya di masa lalu, sekarang,dan masa depan.

11. Perubahan Kebudayaan dari Masa Lampau

Perubahan dapat kita lihat dari beberapa aspek, yakni cara berpakaian, sudut pandang, cara berbicara, serta gelagat dari manusia. dan tentunya seiring dengan perubahan jaman, kebudayaan juga ikut berubah.

          Pada masa lalu, kebudayaan masih sangatlah kental khususnya di negara Indonesia ini. Tata krama serta sopan santun masih terlihat jelas di kalangan bangsa ini. Ini terlihat dari prolaku serta gaya bicara pada masa tersebut. Ini juga terjadi pada tulisan-tulisan yang ada ditanah air. ejaan-ejaan lama masih digunakan di masa ini. Ditambah lagi dengan pakaian-pakaian yang sederhana dan sopan mencerminkan khas bangsa timur yang berbeda dengan bangsa barat.
        
          Budaya pada masa lampau memiliki relevansi dengan budaya masa sekarang dan masa yang akan datang. Di masa lalu hidup nenek moyang kita hidup sangat terbatas , tidak ada alat penerangan sama sekali pada malam hari dunia serasa tiada penghuni, namun mereka tetap dapat bertahan hidup dengan pakaian seadanya makanan seadanya yang tersedia di alam bahkan mereka tidak mengenal bahasa dan buta akan pengetahuan hidup hanya bermodal jasad dan jiwa. Namun, manusia di berkahi pikiran untuk terus berinovasi begitu pula dengan perubahan budaya yang terus berlangsung dan tidak akan berhenti selama manusia berfikir di muka bumi ini.
Kebudayaan masa lalu adalah kebudayaann yang masih terikat dengan adat istiadat atau kepercayaan pada leluhur, sehingga pada masyarakat terikat satu ikatan yang diwariskan secara turun temurun. Ada ciri-ciri tertentu pada masyarakat lampau yaitu, hubungan langsung dengan alam, kehidupan dalam konteks agraris, dan tidak memmpunyai tempat tinggal yang tetap atau berpindah-pindah.
           
Warisan budaya masa lalu dari perkembangan peradaban dari paling primitive yaitu ketika manusia masih menggantungkan hidup pada batu-batuan kemudian manusia mulai menemukan api lalu kepercayaan pada hal-hal gaib, tradisi dan adat istiadat yang sudah mulai berkembang pada setiap Negara dan daerah nya masing-masing.nilai-nilai budaya masih sangat melekat di masa lalu norma dan nilai agama, adat istiadat masih di junjung tinggi oleh masyarakat dulu.
           
 Budaya yang di wariskan nenek moyang kita telah mulai di tinggalkan dan mulai terkikis pada masa kini. Pada masa sekarang masyarakat di uji oleh berbagai budaya asing dan perlahan mulai menerimanya.

2. Perubahan Kebudayaan pada Masa Kini

         
Seiring dengan perjalanan waktu, kebudayaan mengalami perubahan. Hal ini juga terjadi di Indonesia. Orang-orang lebih suka mengadopsi kebudayaan luar. sebenarnya hal ini sudah terjadi sejak masa penjajahan. perubahan-perubahan ini terjadi dari segi pakaian, prilaku dan lain-lain. Orang-orang yang masih menggunakan adat masa lalu dinilai kolot. Nilai dalam tata krama semakin dilupakan. Menghilang dan tenggelam di perubahan zaman. Pakaian-pakaian mereka lebih terbuka. tak hanya dikalangan orang dewasa, bahkan remaja, orang tua sampai anak-anak sudah biasa berpakaian seperti ini.

          Bahkan menghormati orang yang lebih tua tidak diindahkan oleh prilaku mereka. mereka lebih individualisme. anak-anak muda lebih bersikap acuh dengan lingkungan sekitarnya. Perubahan budaya timur ke barat lebih terasa. Dan bangsa timur mulai melupakan identitasnya.
        
             Di masa sekarang  nilai-nilai kebudayaan mulai pudar, mungkin suatu saat akan hilang seiring berjalan nya waktu, pada kenyataan nya tradisi masyarakat dulu tidak dapat bertahan seiring berkembang nya zaman, tradisi lama di ganti dengan dunia modern, budaya modern saat ini berpusat pada hiburan , dunia gemerlap, dunia anak muda , teknologi canggih dan semacamnya.  Bagaimana dengan masa yang akan datang ? tentunya perubahan akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Di masa sekarang pun sebagian besar masyarakat Indonesia mulai meninggalkan tradisi nenek moyang kita. Kebudayaan masa kini relatif bebas dari kekuasaan adat istiadat lama.

Sebagian besar warga mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban dunia masa kini. Ciri-cirinya adalah mereka mampu mengendalikan alam dengan pengetahuan yang menunjang kehidupan yang lebih baik. Selain itu mereka juga hidup dari sektor perdagangan, kepariwisataan, dan jasa lainnya, mereka juga mempunyai sarana telekomunikasi yang lebih baik dan juga canggih.


C. Perubahan Kebudayaan pada Masa depan

        
  Pada masa depan pasti akan mengalami perubahan. ditambah lagi dengan terjadinya modernisasi. Hal itu akan makin merubah kehidupan sebuah bangsa yang akan mempengaruhi kebudayaannya. Kebudayaan akan semakin berunbah dimasa depan. Majunya teknologi juga ikut andil dalam perubahan jaman. Karena teknologi merupakan jalur masuknya kebudayaan asing. sehingga Kebudayaan yang ada di bangsa tersebut mulai terkontaminasi dengan kebudayaan yang masuk.

Kebudayaan masa yang akan datang akan lebih modern, karena masyarakat sudah mengembangkan kebudayaan-kebudayaan dari masa lampau dan masa kini, sehingga menciptakan kebudayaan yang lebih baru dan mutakhir. Ciri-cirinya adalah segala sesuatu lebih terlihat cangih dan serba praktis ( tidak memakan waktu banyak ), tekhnologi sering sekali digunakan dalam aktifitas sehari-hari.
Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahhnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat.

Perubahan sosial budaya terjadi karena adanya beberapa faktor. Diantaranya, komunikasi, cara berfikir masyarakat, faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinyakonflik revolusi, dan faktor external seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

 Apakah di masa yang akan datang tradisi kita akan hilang dan punah atau malah sebalik nya, untuk itu di masa sekarang harus nya kita terus cepat sadar dan membangun kembali budaya kita dangan inovasi yang menarik agar akan tetap terus bertahan sampai kapan pun.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar